RSS

TUGAS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

03 Dec

Soal

  1. Sebutkan pengertian belajar dan pembelajaran menurut 5 para ahli!
  2. Buatlah aplikasi prinsip-prinsip belajar dari siswa dan guru !
  3. Tolong dianalisa plus(+) minus(-) Ujian Nasional dari sudut guru, siswa, lembaga dan orangtua!

Jawaban

  1. Pengertian belajar menurut 5 para ahli, yaitu:
  2. Menurut James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
  3. Winkel, belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap.
  4. Howard L. Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.
  5. R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) hal 22. Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku
  6. Notoatmodjo, Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.

Pengertian pembelajaran menurut 5 ahli

  1. Knowles, pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
  2. Slavin, pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
  3. Woolfolk, pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.
  4. Rahil Mahyuddin, Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
  5. G. A. Kimble, pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat latihan yang diperkukuh.
  1. Aplikasi prinsip-psinsip belajar dari siswa  dan guru:

Sebelum itu, prinsip-prinsip beljar yang harus diketahui secara umum yaitu:

ü  Perhatian dan Motivasi

ü  Keaktifan

ü  Keterlibatan langsung atau pengalaman

ü  Pengulangan

ü  Tantangan

ü  Balikan dan penguatan (law of effect)

ü  Perbedaan individual

Aplikasi prinsip belajar bagi siswa dan bagi guru:

ü  Perhatian dan Motivasi

Siswa  : Dituntut untuk memberikan perhatian terhadap semua rangsangan yang mengarah pada tercapainya tujuan belajar.

Guru    : Menggunakan metode yang bervariasi. Memilih bahan ajar yang diminati siswa.

ü  Keaktifan

Siswa  :    Dituntut dapat memproses dan mengolah hasil belajarnya secara efektif serta aktif baik secara fisik, intelektual dan emosional. Untuk dapat memproses dan mengolah perolehan belajarnya secara efektif, perilaku-perilaku seperti mencari sumber informasi yang dibutuhkan,  menganalisis hasil percobaan, ingin tahu hasil dan kimia, membuat karya tulis, membuat kliping, dan prilaku sejenis lain

Guru    : Memberikan kesempata kepada siswa untuk melakukan eksperimen sendiri.

ü  Keterlibatan langsung atau pengalaman

Siswa  :    Dalam hal ini siswa dituntut agar mengerjakan sendiri tugas yang diberikanguru kepada mereka.

Guru    :    Melibatkan siswa dalam mencari informasi, merangkum informasi, dan menyimpulkan informasi.

ü  Pengulangan

Siswa  :    Kesadaran siswa dalam melakukan latihan-latihan yang berulang-ulang.

Guru    :    Merancang hal-hal yang perlu diulang.

ü  Tantangan

Siswa  :    Diberikan suatu tanggung jawab untuk mempelajari sendiri dengan melakukan eksperimen, belajar mandiri dan mencari pemecahan sendiri dalam menghadapi permasalahan.

Guru    :    Memberikan tugas siswa dalam pemecahan permasalahan.

ü  Balikan dan penguatan (law of effect)

Siswa  :    Mencocokkan jawabab antara siswa dengan guru.

Guru    :    Memberikan jawaban yang benar dan memberikan kesimpulan dari materi yang telah dibahas.

ü  Perbedaan individual

Siswa  :    Belajar menurut tempo kecepatan masing-masing siswa.

Guru    :    Menentukan metode sehingga dapat melayani seluruh siswa. Diantaranya adalah menentukan tempat duduk di kelas, menyusun jadwal belajar, atau memilih bahwa implikasi adanya prinsip perbedaan individu bagi siswa dapat berupa perilaku fisik maupun psikis.

  1. Plus(+) minus(-) Ujian Nasionaldari sudut guru, siswa, lembaga dan orang tua, yaitu:

Dari sudut guru

Poin plus(+):

  • UN membuat guru semakin semangat untuk mendidik murid-muridnya.
  • Guru semakin kreatif dalam memberikan pembelajaran demi siswanya Lulus UN dengan hasil yang memuaskan.
  • Guru merasa bangga jika siswanya berhasil lulus UN 100%
  • Guru berperan aktif dalam mendorong siswa menghadapi UN

Poin minus(-):

  • Ujian Nasional mengambil alih sistem penilaian yang seharusnya dilakukan oleh guru di sekolah.
  • UN juga membuat guru-guru menjadi pemburu nilai-nilai UN agar sekolahnya masuk peringkat ternama di mata masyarakat.

Dari sudut siswa

Poin plus(+):

  • Sebagian siswa menilai UN berguna, sehingga siswa semakin terdorong untuk belajar.
  • Siswa mengikuti bimbingan belajar khusus
  • Siswa terpacu mengalahkan saingan untuk menjadi yang terbaik
  • Siswa menjadi termotivasi untuk mendapat prestasi yang terbaik.
  • Pendalaman materi dari sekolah yang dapat menambah pengetahuan siswa
  • Untuk siswa SMA, UN merupakan motivasi mereka untuk belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah untu menambah kemampuan untuk lulus UN atau pun Ujian Masuk Perguruan Tinggi

 

Poin minus(-):

  • Mereka sangat mengecam adanya UN, karena mereka menyadari bahwa mereka malas.
  • Siswa dapat menjadi tertekan apabila  terus dipaksa belajar untuk mengalahkan yang lain, siswa dapat mengalami stres dan gangguan emosional lainnya
  • UN juga dapat menakutkan siswa karena takut tidak lulus
  • Sekolah terlalu memacu siswa dengan pendalaman materi UN yang overdosis yang diselingi dengan Try Out-Try Out sehingga membuat siswa menjadi stres.
  • Siswa menjadi minim budi pekerti karena kebanyakan mereka menghalalkan segala cara untuk sukses menjalani UN
  • Waktu istirahat semakin sedikit karena kesibukan belajar.
  • Timbul kecurangan UN sehingga merugikan pihak yang jujur.

 

Dari sudut Lembaga

Poin plus(+):

  • Pihak lembaga seperti sekolah bangga jika memiliki siswa yang berprestasi dan bersungguh menjalani UN
  • Nama sekolah menjadi terbaik di mata umum dan di mata masyarakat apabila siswanya berprestasi dan meraih nilai tertinggi di Ujian Nasional di bandingkan sekolah lain.
  • Lembaga lain seperti tempat Bimbingan Belajar banyak diminati siswa untuk menambah pengetahuan menghadapi UN

 

Poin minus(-)

  • Nama sekolah menjadi tercoreng apabila mereka kedapatan memiliki siswa yang mencontek, apalagi apabila tim pengawas mengetahui apabila telah terjadi kerjasama antara  siswa dan guru dalam menjawab soal di Ujian Nasional.
  • Pihak sekolah menjadi tidak enak dengan orang tua siswa apabila ada anak mereka yang tidak lulus sehingga stres dan berlaku kriminal.
  • Lembaga bimbingan belajar terpaksa harus mengembalikan uang siswa apabila ada yang tidak lulus, karena telah menjadi kesepakatan sejak awal

Dari sudut orangtua

Poin Plus(+):

  • Setiap orang tua pasti bangga jika anaknya lulus dengan maksimal di Ujian Nasional.
  • Para orang tua berusaha keras membekali anak mereka dengan kesiapan mental, kesehatan serta peralatan yang mendukung suksesnya pelaksanaan UN anak mereka.
  • Orang tua bekerja sama dengan guru di sekolah untuk mendorong anak mereka sukses menghadapi UN

Poin minus(-):

  • Orang tua merasa bahwa UN sangat mengerikan dan hanya akan membebani pikiran anak mereka.
  • Orang tua akan sedih jika anak mereka sampai stres bila tidak lulus UN.
  • Bagi orang tua yang memiliki anak yang kurang pandai UN hanya akan menjatuhkan harapan mereka untuk melanjutkan anak mereka ke pendidikan yang lebih tinggi, karena kesulitan mengerjakan soal-soal UN yang di anggap mengerikan.
  • Orang tua merasa stres memikirkan anak mereka, karena mereka tidak yakin anaknya memiliki kemampuan menghadapi UN.

 

 
1 Comment

Posted by on December 3, 2012 in Tugas Kuliah

 

Tags:

One response to “TUGAS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

Rumpydog

Dog paddling through life...

Learn British English

New material at http://www.learnbritishenglish.co.uk/ from April 2013

dianaramadhani

Just another WordPress.com site

feraasmarita2012

A topnotch WordPress.com site

Kate, Cracking Up

Cracked in All Ways Except the Illegal Ones

Badarudin | PGSD FKIP UM Purwokerto

Pendidikan Merancang Masa Depan

noviaanjani1593

Just another WordPress.com site

Feraasmarita's Blog

Just another WordPress.com weblog

%d bloggers like this: