RSS

Apa Itu HIV/AIDS?

06 Aug

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yaitu merupakan sekumpulan gejala yang diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia karena terinfeksi HIV. Penyakit ini merupkan penyakit yang sangat berbahaya dan sampai sekarang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit AIDS. Penyakit ini ditularkan melaui hal-hal seperti, hubungan seksual, transfusi darah yang telah tercemar HIV, suntikan dengan jarum yang tercemar HIV, dari ibu yang terinfeksi HIV kepada janinnya selama kehamilan, persalinan atau menyusui, penggunaan pisau cukur yang tercemar HIV, yang terpenting, faktor utamanya penyakit ini dapat tertular melalui darah. Perlu kita ketahui, hal-hal yang tidak menularkan HIV/AIDS yaitu, bersentuhan, bersenggolan, salaman, berpelukan dan cium pipi. Kemudian alat-alat makan dan minuman seperti piring, gelas, sendok juga tidak menularkan. Selanjutnya terkena keringat, air mata, air kencing ataupun ludah dan menggunakan alat-alat seperti telpon bersama-sama juga tidak berbahaya

Pada gejalan awal, belum terdapat tanda-tanda yang jelas, tetapi sudah dapat menularkan virus HIV. Pada tahap pertama, virusnya sudah masuk ke dalam tubuh, tetapi belum terdeteksi. Biasanya 3-6 bulan setelah virus masuk ke dalam tubuh.  Pada tahap kedua, belum ada gejala yang jelas, tetapi melalui pemeriksaan darah sudah positif. Selanjutnya, pada tahap ketiga, sudah terdapat ciri-ciri yang jelas. Seperti, keringat berlebihan pada waktu malam hari, diare  terus menerus, berat badan terus berkurang, pembengkakan kelenjar getah bening, flu tidak sembuh-sembuh dan terdapat infeksi jamur pada mulut. Dan kemudian muncul kumpulan gejala AIDS akibat infeksi opportunistik seperti, infeksi kulit/selaput lendir: jamur, bakteri dll, infeksi pada paru-paru, infeksi usus yang menyebabkan diare parah selama berminggu-minggu, infeksi otak yang menyebabkan kekacauan mental, kelumpuhan dan infeksi jamur pada tenggorakan (mulut). Namun yang terpenting, gejala utamanya adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Untuk menangani masalah penurunan sistem kekebalan tubuh pada penderita AIDS adalah dengan cara mengkonsumsi vitamin, obat-obatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan olahraga. Adapun obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh tersebut adalah obat ART (Anti Retroviral Treatment).

Virus HIV lebih sering tercemar pada remaja, tetapi, dampaknya akan terlihat pada 10-15 tahun yang akan datang. Remaja lebih sering diberikan penyuluhan, kerana remaja itu masih labil, dan masih tabu apa itu AIDS serta belum tahu dampak dan akibatnya. Usia yang paling rentan terkena HIV/AIDS yaitu pada usia ± 20 – 25 tahun, yaitu pada masa-masa produktif. Di Indonesia, penyakit ini banyak tersebar di dareah Papua, Bali  dan Jakarta. HIV/AIDS dapat tersebar ke Indonesia melaui turis-turis atau orang asing yang datang ke Indonesia. Bali merupakan daerah pertama yang menyebarkan penyakit ini.

Untuk mencegah penyakit AIDS, perlu beberapa hal yang harus dilakukan. Yaitu, hindari seks bebas, Karena penularan AIDS terbanyak adalah melalui hubungan seksual maka penularan AIDS bisa dicegah dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual. Pencegahan lain adalah melalui pencegahan kontak darah, misalnya pencegahan penggunaan jarum suntik yang diulang, pengidap virus tidak boleh menjadi donor darah. Ada lagi pencegahan lain yaitu, jika sudah menikah hanya berhubungan seks dengan pasangannya saja, dan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

 
Leave a comment

Posted by on August 6, 2012 in ARTIKEL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

Rumpydog

Dog paddling through life...

Learn British English

New material at http://www.learnbritishenglish.co.uk/ from April 2013

dianaramadhani

Just another WordPress.com site

feraasmarita2012

A topnotch WordPress.com site

Kate, Cracking Up

Cracked in All Ways Except the Illegal Ones

Badarudin | PGSD FKIP UM Purwokerto

Pendidikan Merancang Masa Depan

noviaanjani1593

Just another WordPress.com site

Feraasmarita's Blog

Just another WordPress.com weblog

%d bloggers like this: