RSS

Kesan membaca Surat Al Isra ayat 23-24

30 May

Dan Rabb-mu telah memerintahkan, supaya kalian jangan beribadah melainkan hanya kepadaNya,
dan hendaklah kalian berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut di sisimu (dalam pemeliharaanmu), maka janganlah katakan kepada keduanya “ah” dan janganlah kamu membentak keduanya. Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih-sayang. Dan katakanlah: “Wahai Rabb-ku, sayangilah keduanya, sebagaimana keduanya menyayangiku sewaktu kecil”.

(QS al Isra`/17 : 23-24)

Ayat di atas merupakan firman Allah agar berbuat baik kepada kedua orang tua. Kita sebagai manusia diberi kewajiban berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua. Kewajiban berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan kewajiban nomor dua setelah berbakti kepada Allah.

Ayat tersebut mengingatkan saya betapa besar pengorbanan kedua orang tua, khususnya Ibu yang telah mengandung kita dalam keadaan lemah. Oleh karena itu saya teringat untuk bersyukur kepada Allah dan kepada kedua orang tua.

Saya sangat tersentuh sekali dengan arti surat ini, mengatakan “ah” saja, apalagi membentak sangat dilarang. Oleh karena itu kita harus berbakti kepada kedua orang tua, tetapi tetap saja tidak melebih-lebihkan kebaktian itu sehingga dapat menyebabkan kemusyrikan kepada Nya.

Mengingat arti ayat tersebut, saya teringat pada sebuah buku yang pernah saya baca, yaitu Nabi SAW menyatakan bahwa berbuat baik kepada kedua orang tua lebih utama dari jihad di jalan Allah. Berbuat baik kepada kedua orang tua tidak terbatas pada masa keduanya masih hidup, tetapi sesudah keduanya meninggalpun kita tetap melakukan kewajiban berbuat baik kepada kedua orang tua.

Surat Al Isra ayat 23-24 ini sejak saya kecil sudah pernah diajarkan oleh guru madrasah, tetapi tetap saja terkadang saya melakukan kekhilafan. Saya teringat dengan pengalaman saya ketika duduk di kelas IV SD, waktu itu saya pernah menolak perintah Ibu untuk membelikan obat ketika Ibu saya demam. Rumah saya cukup jauh dari toko, saya tidak mau jika pergi sendirian, sehingga saya menolak. Kemudian Ibu saya menyuruh kakak kelas saya yang kelas VI untuk pergi membeli obat tersebut, dan kakak itu bersedia. Setelah itu saya berfikir bahwa saya sangat jahat sekali waktu itu, kenapa saya harus menolak perintah ibu. Ternyata  Ibu menyuruh saya karena tidak enak menyuruh anak lain sementara anaknya sendiri ada. Padahal waktu itu Ibu berniat jika saya mau pergi membeli, ibu akan mencarikan teman untuk menemani saya pergi. Saya sangat menyesal sekali atas kejadian itu. Semoga Allah mengampuni dosa saya terhadap kedua orang tua saya.

Pengalaman saya waktu kecil membuat saya terkesan degan surat Al Isra ayat 23-24 ini. Demikianlah kesan saya tentang ayat yang menggugah saya untuk selalu melakukan kewajiban berbakti kepada kedua orang tua.

 
2 Comments

Posted by on May 30, 2012 in ARTIKEL

 

2 responses to “Kesan membaca Surat Al Isra ayat 23-24

  1. Lisnawati Aza Angkat

    October 2, 2012 at 5:32 am

    saya sgt mnyayngi ibu n ayah saya!!!!!!!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

Rumpydog

Dog paddling through life...

Learn British English

New material at http://www.learnbritishenglish.co.uk/ from April 2013

dianaramadhani

Just another WordPress.com site

feraasmarita2012

A topnotch WordPress.com site

Kate, Cracking Up

Cracked in All Ways Except the Illegal Ones

Badarudin | PGSD FKIP UM Purwokerto

Pendidikan Merancang Masa Depan

noviaanjani1593

Just another WordPress.com site

Feraasmarita's Blog

Just another WordPress.com weblog

%d bloggers like this: