RSS

kerajinan-kerajinan dari Negara Jepang

28 Jan
  • Manga

Manga merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Mangaka adalah orang yang menggambar manga.

  • Shodo

Seni kaligrafi di Jepang disebut dengan nama Shodoo. Shodoo adalah seni tradisional dari Jepang dengan sejarah sepanjang 1300 tahun.

  • Washi Ningyoo

Washi Ningyoo adalah salah satu dari seni budaya klasik dari Jepang. Terbuat dari kertas yang disebut kertas Washi.

  • Kurumie

Kurumie adalah seni kerajinan tradisional yang sudah ada dari jaman Edo. Kurumie adalah gambar 3D yang dibuat dari kapas/busa yang dibungkus dengan kertas washi dan kertas origami. Karena berasal dari busa yang dibungkus maka kerajinan ini diberi nama “Kurumie (wrapping picture)”.

  • Etegami

Etegami adalah postcard bergambar.Gambar yang ada melambangkan negri Jepang. Jadi, ketika kamu melihat tulisan dan gambar pada postcard ini kamu dapat ‘menyentuh’ seni dan budaya Jepang.

  • Kusudama

Kusudama (bola obat) adalah bentuk kerajinan dari Jepang yang dibuat dengan cara menyatukan beberapa unit-unit origami menjadi suatu bentuk menyerupai bola. Umumnya kusudama digunakan untuk hiasan dekorasi. Asal kata kusudama sendiri berasal dari kata kusuri (obat) dan tama (bola).

  • Himomusubi

Himomusubi adalah seni mengikat benang menghasilkan bentuk-bentuk yang indah dan dapat dijadikan sebagai aksesoris. Asal kata himomusubi sendiri berasal dari himo (benang) dan musubi (mengikat).

  • Promise Ring

Promise Ring merupakan kerajinan membuat aksesoris gelang dengan cara mengikat benang sulam. Di Jepang ada kepercayaan bahwa Promise Ring dibuat sambil mengucapkan permohonan kita dan apabila ketika gelang tersebut dikenakan dan putus , maka saat itu permohonan kita akan terkabul.

  • Origami

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang.

Origami arsitektur mendapat pengaruh dari ilmu arsitektur, pola-pola geometrik, dan objek-objek sehari-hari dengan berbagai macam skala. Hasil dari origami arsitektur ini menyerupai kartu pop-up.

Sumber: http://images.google.co.id

Berapa contoh wilayah tembikar di Jepang

1. Arita dan Karatsu

Tembikar Arita dipercaya sudah ada sejak abad 16 [priode Momoyama], ketika seorang pembuat keramik Ri Sampei, seorang keturunan Korea, menemukan tanah liat di Arita, Kyushu dan memproduksi porselen. Inilah awal dari pembuatan porselen di Jepang. Bahkan sampai priode Meiji [1868-1911] wilayah Arita merupakan pusat porselen di Jepang dengan gaya Sometsuke yaitu dekorasi kebiruan dengan lapisan grasir bawah dan gaya. Disamping itu juga dikembangkan porselen bergaya Aka-e yang menggunakan glasir enamel dari polychrome.

Tembikar Karatsu, juga berasal dari sekolompok orang keturunan Korea, kebanyakan produksinya untuk keperluan sehari-hari dan untuk keperluan upacara minum the (tea ceremony). Daerah ini memperoduksi beberapa jenis tembikar dengan corak hias berupa dari glasir besi, dekorasi kuas-bulir, berbintik dan lain lain.(pic1 & pic2)

2. Hagi

Keramik Hagi, kebanyakan produksi keramiknya berupa mangkok untuk tea ceremony. Keramiknya minim dengan ekspresi pribadi dan pengglasirannya sedikit buram. (Pic.3)

3 Bizen

Keramik tampil di depan sebagai keramik utama dalam tea ceremony. Saat ini popularitas keramik ini mulai bangkit kembali setelah sempat tidak diminati beberapa kurun waktu lampau. Keramik Bizen tanah litany kaya dengan besi, dibuat tanpa glasir untuk menampilkan keindahan tanah liatnya, apalagi tekstur “benang api” dan “biji wijen” yang muncul secara alamiah akibat pembakaran. (Pic4)

4. Kyoto dan Tamba

Kyoto yang terkenal sebagai pusat budaya dan politik dan lebih maju secara cultural juga menjadi pusat kesenian dan kerajinan. Sehingga tidak mengherankan sebagai puast seni diikuti juga perkembangan keramiknya. Tidak hanya tembikar tradisonal akan tetapi tembikar avant-garde pun berkembang di sana.

Di daerah Tamba umumnya digunakan untuk peralatan rumah tanggal dan disukai oleh para penggiat tea ceremony. (Pic5)

5. Kutani dan Kanazawa

Kutani terletak di pref. Ishikawa dengan ibukatanya Kanazawajuga merupakan lokasi produksi porselen. Keramik Kutani dan Kanazawa yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya memiliki ciri khas dengan penggunaan warna dan bentuk berani. (pic6)

6. Seto dan Mino

Daerah ini berkembang subur sebagai merupakan lokasi utama tungku pembakaran sejak jaman kuno hingga sekarang. Tehnik pembuatan keramiknya dari Arita, Kyushu, seiring perkembangan jaman kini pengrajin tembikar mulai menggunakan material dan tehnik dari Eropa. (pic7)

7. Tokyo dan Mashiko

Walaupun telah menjadi pusat budaya dan politik sejak abad 17, Tokyo bukanlah tempat terdapatnya tanah liat dan bukan pulak (hehe..keluar logat aslinye..) pusat tradisi pembuatan tembikar. Tokyo hanyalah kota pendukung bagi mereka yang hendak membuat tembikar karya seni. Ini didukung oleh banyaknya institusi seni, semacam universitas seni dan lain-lain.

Mashiko, terletak di uatara Kanto, termasuk pref. Tokyo merupakan pusat produksi tembikar rakyat Jepang untuk keperluan sehar-hari sejak jaman dulu. Daerah ini menjadi pusat tembikar rakyat berkat kepiawaian pengrajin tembikar Shoji Hamada yang memproduksi dan mengajarkan cara pembuatan peralatan dari tanah liat di akhir era Taisho (1912-1926) [Pic8 & Pic9]

Sumber: http://images.google.co.id

Kurumie Craft kit made in japan ini cocok buat teman – teman yang ngefans berat dengan craft jepang ( original dari jepang loh ) atau yang mau belajar craft jepang. Banyaknya pilihan model dan ukuran bisa anda pilih dan anda jadikan sebagai gift unik utk teman / kerabat anda. Hanya dibutuhkan lem dan gunting kemudian cari tempat aman dari segala gangguan ( biar konsen hehehehe) Silahkan klik pada gambar yang tersedia untuk melihat code dan harga

IMG_0104.JPG

IMG_0109.JPG
2 Comments

IMG_0111.JPG

IMG_0152.jpg

IMG_0153.jpg

IMG_0154.jpg
1 Comment

IMG_0155.jpg

IMG_0156.jpg

IMG_0159.jpg

IMG_0160.jpg

IMG_0161.jpg

IMG_0165.jpg

IMG_0167.jpg

sumber: http://images.google.co.id

About these ads
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 28, 2010 in uncategories

 

One response to “kerajinan-kerajinan dari Negara Jepang

  1. favicon generator

    Juli 19, 2013 at 8:25 pm

    What’s up mates, nice post and fastidious urging commented at this place, I am really enjoying by these.

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Learn British English

New material at http://www.learnbritishenglish.co.uk/ from April 2013

dianaramadhani

Just another WordPress.com site

feraasmarita2012

A topnotch WordPress.com site

Kate, Cracking Up

Cracked in All Ways Except the Illegal Ones

Badarudin | PGSD FKIP UM Purwokerto

Pendidikan Merancang Masa Depan

noviaanjani1593

Just another WordPress.com site

Feraasmarita's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: